25 Maret 2009

Kabupaten Kuningan Menuju Produsen Ikan Lele


Kabupaten Kuningan yang terletak di kaki Gunung Ciremai – JAWA BARAT, sudah tentu memiliki sumber air yang berlimpah. Karena itu di Kuningan memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Dan inilah yang saat ini sedang digali oleh sekelompok mayaratkat yang peduli dengan dunia perikanan.
Adalah JKMPP (Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan) yang saat ini sedang menggali potensi yang besar tersebut. JKMPP yang telah berdiri sekitar dua tahun yang lalu, memiliki kegiatan seputar dunia perikanan dengan system inti plasma. Saat ini telah lebih dari 40 kelompok perikanan yang bergabung dengan JKMPP, kelompok tersebut merupakan kumpulan masyarakat yang hobi dan peduli dengan perikanan yang berkelompok kecil di masing-masing Desa yang ada di Kabupaten Kuningan. Keterbukaan JKMPP dalam mengelola organisasi ini terbukti dengan tidak membatasi masyarakat yang hendak bergabung. Tidak ada prasyarat khusus untuk dapat bergabung, justru setelah bergabung secara otomatis akan di ikutkan pelatihan tentang teknik budidaya ikan secara menguntungkan.
Saat ini JKMPP berkonsentrasi pada budidaya ikan lele yang disesuaikan dengan permintaan pasar. Sekitar 30 Ton perhari JKMPP harus menyuplai ikan lele untuk daerah Jakarta saja, Untuk pasaran Kuningan sendiri belum tersentuh sama sekali. Memang banyak sekali masyarakat yang memelihara ikan bahkan ikan lele, tetapi sangat sedikit orang yang mengerti bagaimana budidaya yang benar yang dapat mendatangkan keuntungan dan juga tetap melestarikan lingkungan. Karena kondisi itulah para anggota JKMPP secara Cuma-Cuma akan dibekali ilmu tentang teknik budidaya ikan yang menguntungkan. Tentu saja ini disambut baik oleh para anggota karena selain mereka dapat menimba ilmu dan pengalaman dari sesama pembudidaya ikan, mereka juga difasilitasi dalam hal pemasaran, karena JKMPP saat ini telah menandatangani MOU ( Memorandum Of Understanding) dengan CV. Angkasa Puri sebagai pembeli hasil perikanan. Pada MOU tersebut JKMPP CV. Angkasa Puri akan membeli hasil perikanan dari JKMPP dengan harga sesuai pasaran dengan volume yang tidak dibatasi. Tentu saja kesepakatan tersebut juga berlaku bagi kelompok-kelompok JKMPP yang ada di Desa-desa.
Dengan langkah-langkah JKMPP tersebut diharapkan dalam tahun 2009 ini Kabupaten Kuningan dapat memenuhi kebutuhan ikan khususnya Lele untuk berbagai wilayah, bukan hanya Jakarta atau konsumen lokal tapi nantinya akan berusaha menembus pasaran Ekspor. Amin.
Untuk pembaca, dapat anda lihat seputar informasi JKMPP, dapat membuka www.jkmpp.blogspot.com
Silahkan masukan komentar anda seputar informasi ini.
( pedro_baina@yahoo.co.id )

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger